JAKARTA- Dalam seleksi CPNS 2014, sebanyak 1.040 formasi dokter kosong. Padahal untuk tahun anggaran 2014, pemerintah sudah menyiapkan formasi khusus untuk dokter sebanyak 6.325.

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, formasi dokter terbanyak diplotkan untuk instansi daerah sebanyak 5.732. Sedangkan pusat hanya 593 orang.

“Untuk daerah terbanyak ditempatkan di kabupaten sebanyak 4.771 orang, kota 547, dan provinsi 414,” kata Tumpak kepada JPNN, Senin (16/3).

Usulan yang masuk ini kemudian dipertimbangkan oleh BKN untuk diusulkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) guna diangkat CPNS. Dari hasil pertimbangan BKN, sebanyak 1.040 dokter dinilai tidak layak untuk diangkat CPNS lewat jalur formasi khusus.

“Formasi khusus untuk dokter tidak melalui proses tes kompetensi dasar lagi. Untuk menjadi CPNS, mereka cukup melalui seleksi administrasi saja,” tuturnya.

Meski daerah sangat membutuhkan tenaga dokter, namun bukan berarti pemerintah langsung meloloskan semua usulan yang masuk. Semuanya melalui tahapan pertimbangan BKN.

“Ada syarat yang diberlakukan, salah satunya dokter ini sudah mengabdi di daerah tersebut dan siap mengambdi minimal lima tahun saat diangkat sebagai dokter PNS,” terang Tumpak. (esy/jpnn)