SERANG – Pengamanan pelaksanaan ujian nasional (UN) pada hari kedua terus dilaksanakan hingga saatnya pengumpulan berkas jawaban siswa beberapa hari ke depan. Pihak Polda Banten telah menerjunkan sebanyak 1.200 personil yang disebar ke polsek dan polres untuk mengawal jalannya pelaksanaan UN.

Perbedannya pada pelaksanaan UN tahun ini, pihak kepolisian tidak melakukan pengamanan langsung ke sekolah atau berjaga di ruang kelas. Petugas kepolisian hanya berkapasitas mengamankan naskah tanpa langsung turut campur tangan melakukan pengawasan berjalannya perlaksanaan pengerjaan soal oleh siswa.

“Digelar pengamanan di kabupatn/kota jadi kalau personil kita hampir 1.200 terbagi di polres-polres dan polsek untuk membantu proses kelancaran UN,” ujar Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar kepada wartawan, melalui layanan blackberry masanger, Selasa (14/4/2015).

Pengamanan UN kali ini, ujar Kapolda, mulai dari penyimpanan logistik, pendistribusian sampai pengumpulannya kembali soal dan lembar jawaban. “Sedang berjalan dari kemarin sampai beberapa hari ke depan,” ujar Boy. (Wahyudin)

BAGIKAN