CILEGON – Kementerian Sosial (Kemensos) membagikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap III, gelombang pertama dengan total nilai alokasi anggaran Rp681 miliar. PKH tersebut dibagikan kepada 1.866 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kota Cilegon, Senin (12/10/2015).

Nilai alokasi anggaran itu mengalami penyusutan yang jauh bila dibandingkan dengan nilai alokasi anggaran pada tahap II gelombang empat, yang sebelumnya mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,65 miliar, untuk jumlah KSM yang tidak terlalu jauh, yakni sebanyak 1.879 KSM.

Warga, menerima nilai bantuan yang berbeda-beda sesuai dengan klasifikasi peruntukan bantuan masing-masing.

“Penilaiannya tergantung dengan klasifikasi. Kalaupun ada pengurangan nilai alokasi anggaran itu, ditunjang oleh beberapa faktor. Seperti bantuan untuk pelajar sekolah dan saat ini dia sekolahnya sudah selesai. Ataupun untuk ibu hamil dan menyusui, jadi penilaiannya itupun berdasarkan kajian Kemensos,” ujar Memed, petugas pendamping PKH yang ditempatkan pada saat itu.

Sementara itu, Manajer Pelayanan PT Pos Indonesia, Kota Cilegon, Emy Haryanti mengatakan, untuk pembagian PKH tahap III gelombang I, sudah dilakukan pihaknya sejak Sabtu (10/10/2015) lalu dan dilakukan secara bertahap untuk dua Kecamatan setiap harinya. Termasuk tiga Kecamatan lain yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, yakni Bojonegara, Mancak dan Anyer yang turut menerima bantuan tersebut di Kantor Pos Cilegon.

“Untuk hari ini yang kita serahkan yaitu untuk Kecamatan Cilegon dan Cibeber. Secara bergilir akan kita lakukan setiap harinya,” katanya. (Devi Krisna)