CILEGON – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Cilegon Suyitno menyatakan, pihaknya akan melakukan revitalisi pasar yang ada di Kota Cilegon. Menurutnya pasar di kota baja itu perlu ada penataan supaya lebih baik lagi.

“Saya sudah melakukan kunjungan ke sejumlah pasar di Kota Cilegon. Saya rasa perlu ya di tata lagi, supaya lebih rapih. Soalnya sekarang kondisinya seperti pasar pada umumnya,” ujar Suyitno di Kantor Walikota Cilegon, Rabu (5/8/2015).

Dikatakannya, penenataan pasar perlu dilakukan agar masyarakat nyaman dalam melakukan transaksi di pasar tradisional. “Terkait pasar ini saya sudah rapatkan dengan pihak terkait. Mungkin nanti kita realisasikan secepatnya,” terang Suyitno yang baru menjabat Pjs walikota sekitar dua minggu itu.

Kepala Bidang Pasar pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperidagkop) Kota Cilegon Muhamad Satiri mengatakan, tahun ini pihaknya juga mempunyai program revitalisasi pasar ditujukan pada dua pasar, yakni Pasar Kranggot dan Pasar Baru Merak. Program tersebut akan menjadikan pasar di kota industri itu menjadi pasar bersih.

Anggaran pemugaran pasar tersebut, kata dia, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun Satiri enggan menyebutkan berapa anggaran yang didapat dari pemerintah pusat itu.

“Pokoknya anggaran itu kita dapatkan untuk menata pedagang. Jadi pedagang yang belum tertata kita tempatkan. Nanti kita sediakan tempat berdagang mereka yang lebih baik,” ucapnya.

Proses pemugaran pasarnya sendiri, lanjutnya, saat ini tengah dilakukan. Dia menargetkan tahun ini pedagang yang berada di pinggiran jalan pasar bisa dipindahkan dengan tempat yang layak. “Nanti pedagang yang biasa berjualan di emperan jalan pasar kita tempatkan. Kita sediakan awningnya supaya lebih layak,” papar Satiri. (Usman)