CILEGON – Diprediksi akan terjadi lonjakan arus balik kembali pada H+8 Lebaran atau pada Sabtu (25/7/2015), UPTD Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, melakukan beberapa strategi untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pemudik di terminal tersebut.

“Ada 1 petugas dari Direktorat Kementerian Perhubungan yang akan diutus ke Pelabuhan Bakauheuni (Lampung) dan 1 petugas lagi di di Pelabuhan Merak, untuk komunikasi terkait jumlah pemudik yang akan menyeberang,” kata Roby Hidayat, Kepala UPTD TTM, Jumat (24/7/2015).

Dikatakan Roby, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah strategi seperti menyiagakan bus cadangan sebanyak 120 unit, hingga mengalihkan jurusan bus yang sudah mulai sepi penumpang.

“Beberapa jurusan seperti Bandung, Bogor dan Cirebon, sudah mulai agak sepi penumpangnya. Itu akan digunakan untuk ke jurusan Jakarta yang masih padat penumpang, kalau bubs jurusan Jakarta sudah tidak bisa menampung penumpang lagi,” ungkapnya.

Terkait pengamanan, Roby menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengn pihak kepolisian, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Alhamdulillah keamanan bagus. Sejak sebelum dan sesudah Lebaran, tidak terjadi kejahatan yang berarti, seperti pembiusan dan pencopetan, dan semoga tidak terjadi,” katanya.

“Sampai saat ini, pemudik yang sudah melakukan arus balik mencapai 80 persen, dan yang 20 persen lagi diperkirakan akan melakukan arus balik besok,” sambung Roby. (Rahmatullah)

BAGIKAN