KETIKA berpuasa, badan terasa lemas dan lesu adalah hal yang biasa. Selain kelelahan dan gula darah mulai menurun, bisa jadi tenaga pun mulai terkuras seiring dengan padatnya aktivitas dan kesibukan.

Mengonsumsi suplemen atau vitamin B sangat penting selama berpuasa karena sistem metabolisme yang sehat membutuhkan dukungan vitamin B kompleks yang menambah energi dan stamina. Vitamin B juga meningkatkan fungsi pencernaan, daya memori otak dan suasana hati agar puasa tetap lancar. Berikut ini beberapa sumber makanan alami yang menambah asupan vitamin B bagi tubuh, seperti dilansir dayhealth :

1. Kacang mete
Kacang mete yang bercita rasa gurih menjadi camilan favorit bagi semua orang. Bisa dicampur ke dalam kue cokelat atau dipanggang biasa. Kacang mete kaya vitamin B apalagi yang dibaut dalam bentuk butter. Kandungan thiamin (vitamin B1) dalam kacang mete sangat tinggi, belum lagi niasin, (vitamin B3) dan vitamin B6. Kesemua vitamin ini penting sebagai penambah daya tahan tubuh dan stamina tubuh.

2. Pisang
Buah yang mudah dijumpai sepanjang tahun ini sarat akan vitamin B5 dan B6. Tidak hanya itu, pisang juga banyak mengandung vitamin C, kalium dan serat untuk melancarkan buang air besar. Serat sangat penting mendukung pencernaan sehat selama berpuasa. Jadi, siapkan pisang saat berbuka puasa dan sahur ya.

3. Labu
Nah, kalau labu mungkin sudah menjadi hidangan favorit keluarga sebagai campuran kolak pisang saat berbuka. Lanjutkan kebiasaan baik ini pasalnya labu kaya vitamin B6, kalium, serat dan betakaroten. Ditambah lagi, rasanya lezat menghapus segala lapar dan dahaga seharian.

Selamat menikmati makanan lezat dan kaya vitamin B untuk santapan berbuka puasa! (vm/rbc)