Pencari kerja memadati arena Banten Job Fair tahun lalu.

TANGERANG – Sebanyak 45 perusahaan memberi kesempatan masyarakat untuk bekerja atau pindah kerja. Perusahaan-perusahaan ini membuka 9.161 lowongan pekerjaan. Rinciannya, 4.461 lowongan pekerjaan di dalam negeri dan 4.700 lowongan pekerjaan di luar negeri. Perusahaan ini berasal dari Kota Tangerang, Kabupaten Tange- rang, Kota Tangsel, dan DKI Jakarta.

Kesempatan luas lowongan pekerjaan itu bisa dilihat melalui gelaran job fair Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang pada Selasa (18/7) hingga Kamis (20/7) di Mal Metropolis Town Square, Kelurahan Kelapaindah, Kecamatan Tange- rang. Jenis pekerjaan yang tersedia itu mulai dari driver, marketing, adminstrasi, logistik, farmasi, kasir, pramuniaga, caddy, sampai tenaga IT.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Tangerang Syahrul Effendi mengatakan, jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya, masyarakat Kota Tangerang yang ingin mencari pekerjaan bisa datang ke lokasi job fair. “Jadi kita gelar selama tiga hari berturut-turut,” katanya, Jumat (14/7).

Ia mengatakan, warga yang ingin melamar pekerjaan bisa langsung mem- bawa berkas-berkas yang dibutuhkan setiap perusahaan. Ini untuk menghemat waktu dari tempat tinggal ke lokasi. Biasanya, berkas untuk pelamaran ber- sifat umum. Seperti fotokopi KTP, ijazah pendidikan terakhir, kartu kuning, atau surat keterangan lainnya yang dibu- tuhkan perusahaan yang dituju.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Rakhmansyah meng- harapkan agar masyarakat memanfaatkan job fair yang ada. Bila perlu memberitahu yang lain yang belum memiliki pekerjaan. “Karena momen ini kegiatannya hanya setahun sekali,” ujarnya.

Rakhmansyah meyakini gelaran job fair ini bisa mengurangi angka pengang- guran di Kota Tangerang. Dalam kegiatan ini, masyarakat akan terbantu infor- masinya ketika ingin mencari pekerjaan. (Iwan Setiawan)