SERINGKALI pada bulan puasa, kita mengalami
kesulitan tidur. Aktivitas sahur otomatis membuat jam tidur berubah sehingga
tidur nyenyak jadi hal yang cukup mahal. Belum ditambah jam kerja yang tetap
padat seperti biasanya. Namun, coba lima makanan yang akan dibahas di bawah ini
demi membantu mengatasi sulit tidur, seperti dilansir Health Me Up, beberapa
waktu lalu.


1. Susu hangat

Susu merupakan sumber triptofan, asam amino
yang akan diubah tubuh menjadi serotonin dan melatonin, yang bertindak sebagai
obat penenang alami. Pemanasan susu meningkatkan faktor kenyamanan.


2. Keju

Berlawanan dengan kepercayaan populer, keju
benar-benar berkontribusi membantu Anda tidur nyenyak. Seperti susu, keju juga
kaya tryptophan. Kuncinya adalah jangan mengonsumsi keju secara berlebihan.
Konsumsi keju setidaknya dua jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan
pencernaan.


3. Kentang

Karbohidrat bertindak sebagai bantuan tidur
alami dengan menyebabkan pankreas untuk mensekresi insulin. Makanan karbohidrat
tinggi termasuk kentang, pasta dan roti.


4. Ikan

Kebanyakan ikan seperti salmon, halibut dan
tuna kaya akan vitamin B6 yang diperlukan untuk membuat melatonin (hormon
tidur). Untuk hasil terbaik, makan tiga jam sebelum tidur.


5. Pisang

Pisang, terkenal karena kaya akan kalium juga
merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 yang diperlukan untuk membuat
melatonin. (rbc/jpnn)