50 Peserta Lelang Jabatan Eselon II Ikuti Tes Tulis Makalah

SERANG – Lelang jabatan memasuki tes tulis makalah. 50 peserta yang masih bertahan mengikuti lelang tujuh jabatan eselon II di Pemprov Banten mengikuti tes tersebut hari ini di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Rabu (6/12).

Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta menjelaskan, seluruh peserta membuat makalah yang ditulis langsung di lokasi tes dengan tema sesuai jabatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang didaftarnya.

“Misalnya, Biro Pemerintahan, mereka buat makalah seputar persoalan Biro Pemerintahan dan juga solusinya. Apa yang akan mereka lakukan jika nanti menjabat kepala biro,” kata Ranta.

Pembuatan makalah dipantau langsung oleh panitia seleksi (pansel) lelang jabatan. Ini untuk meyakinkan originalitas makalah yang dibuat oleh seluruh peserta.

Dijelaskan Ranta, makalah buatan peserta ini akan menjadi salah satu materi pada tes wawancara yang akan dilakukan pada Senin mendatang. Karena itu, setelah pembuatan makalah selesai, Pansel akan langsung memeriksa.

Masih dijelaskan Ranta, setelah tes pembuatan makalah, Jumat mendatang, Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan datang dan memaparkan hasil di LAN. “Nanti ke sini di ruang Setda, kita lihat nanti hasil LAN gimana, hasil makalah gimana,” kata Ranta.

Melihat progres lelang yang sudah dilakukan, Ranta memprediksi proses lelang akan selesai pekan depan. Namun semua itu bergantung kepada Gubernur Banten Wahidin Halim.

Adapun tujuh jabatan yang akan dilelang di antaranya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP), Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Infrastruktur dan SDA, Kepala Biro Umum, Kepala Kesbangpol, dan Staf Ahli Gubernur. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN