DIPELOPORI Facebook, kini media sosial telah menjadi sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Media-media sosial lain pun bermunculan pasca masifnya popularitas yang berhasil direngkuh Facebook. Kondisi ini dipicu pula oleh pesatnya pertumbuhan pengguna perangkat mobile.

Masyarakat Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu kelompok pengguna yang paling aktif di media sosial. Dari mulai Facebook, Twitter, hingga yang terkini, Path, dengan mudah diterima oleh para pengguna Tanah Air. Enam media sosial berikut ini paling digandrungi netizen versi Alexa. Apa saja?

1. Facebook
Sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar orang lain. Sebagai pelopor jejaring sosial, tentu saja Facebook masih jadi favorit. Digunakan oleh lebih dari 1,44 miliar pengguna di seluruh dunia.

2. Path
Aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Dilengkapi fitur-fitur menarik, Path ternyata juga digemari netizen seluruh dunia.

3. Twitter
Layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan.

4. Instagram
Menangkap dan berbagi momen gambar atau video, lalu menyesuaikannya dengan filter dan alat kreatif. Posting di Instagram dan berbagi langsung di Facebook, Twitter, Tumblr dan lebih-atau kirimkan langsung sebagai pesan pribadi.

5. Google+
Jejaring untuk berbagi informasi termasuk laman web, gambar, video dan lain-lain. Google memiliki banyak fitur khusus untuk membantu penggunanya menemukan teman baru lewat daftar kontak mail. (rbc)