SERANG – Sebanyak 8.922 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Serang, akan melaksanakan Ujian Nasional 2015 pada 4-7 Mei. Sama dengan UN tingkat SMA sebelumnya, UN tingkat SMP tahun ini juga tidak menentukan kelulusan siswa.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wardatul Ilmiah, Rabu (28/4/2015), “Kelulusan sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, intinya sama dengan SMA.”

Dikatakan Wardah, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Dindik Provinsi Banten terkait penyaluran soal UN SMP tersebut. “Hasil koordinasi, Sabtu ini distribusi soal UN dari Pemprov sudah mulai datang ke Rayon. Untuk di Kota Serang tempatnya di SMP 6 Kota Serang,” kata Wardah.

Ia mengatakan, UN SMP tahun ini akan mengujikan 4 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.
“Dinas Pendidikan memang memiliki target 100 persen kelulusan, namun dengan pelaksanaan UN ini tentunya pihak sekolah harus tetap menjaga integritas pelaksanaan UN,” kata Wardah.

Di Kota Serang, sekolah peserta UN berjumlah 70 Sekolah, yang terdiri dari 25 SMP Negeri, 4 SMP Satap dan 41 SMP Swasta. Untuk Sekolah Penyelenggara UN berjumlah 51 Sekolah, dengan rincian 25 SMP Negeri dan 26 SMP Swasta. Sekolah yang menginduk penyelenggaraan UN-nya ada 19 sekolah. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN