96 Atlet Siap Bersaing di Kejurda Tarung Derajat Walikota Cup II

CILEGON – Pengurus cabang (Pengcab) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Cilegon bersiap menjadi tuan rumah pada kejuaraan daerah (kejurda) tarung derajat Walikota Cup II se-wilayah Provinsi Banten. Rencananya, kejurda Walikota Cup II ini akan dihelat pada 29-30 April 2017 mendatang.

Ketua Harian Pengcab Kodrat Kota Cilegon, Iwan Helmi optimistis para atletnya akan mendulang medali emas di kejuaraan Walikota Cup II nanti. Kejuaraan tersebut akan diikuti sebanyak 96 atlet tarung derajat dari delapan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten. Masing-masing kota akan menurunkan 12 atlet.

“Pengcab Kodrat Cilegon ada 12 atlet yang nanti akan turun. Delapan atlet masih berstatus pelajar dan empat mahasiswa. Kang Rohili, kang Maman, dan teh Dwi kita targetkan dapat emas. Ya seluruhnya (atlet Cilegon) juga. Karena ajang ini acuannya untuk ke Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) dan Pomnas (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional),” ujar Iwan saat ditemui usai rapat persiapan Kejurda Walikota Cup II di Satlat Edi Power Gym Cilegon, Jumat (24/2) malam.

Untuk menghantar para atletnya meraih emas, Iwan mengaku akan menggencarkan waktu latihan olahraga bela diri tersebut yang semula hanya tiga kali dalam seminggu akan menjadi setiap hari yang akan dimulai awal Maret mendatang. “Yang akan dipertandingkan ada dari kategori petarung, seni gerak campuran, gerak tarung, dan derajat dua yang hanya khusus putri,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kejuaran Tarung Derajat Walikota Cup II se-wilayah Provinsi Banten, Tb Juaeni berharap kejuaraan tarung derajat tersebut dapat menjadi sebuah ajang untuk menyebarluaskan tarung derajat kepada masyarakat, dan menunjukan eksistensinya sebagai bagian dari olahraga bela diri asli Indonesia.

“Kita juga ingin membuktikan bahwa di periode Pak Sahruji ini tarung derajat juga dapat sukses sama seperti saat di periode pertama. Latihan gabungan sudah sering dilakukan, minggu ini latgab akan berlangsung di Carita,” tuturnya.

Sekedar diketahui, tarung derajat merupakan sebuah cabang olahraga bela diri resmi Indonesia asal Bandung, Jawa Barat yang diciptakan oleh Achmad Dradjat atau kerap disebut AA Boxer.

Spesifikasi tarung derajat merupakan paduan lima unsur daya gerak yakni kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian, dan keuletan. Dengan motto Tarung Derajat – AA Boxer yaitu “Aku ramah bukan berarti takut, Aku tunduk bukan berarti takluk”. (Riko)