CILEGON – Kepala Bidang Perdagangan dan Pembinaan Pasar pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Cilegon, Muhammad Satiri, membantah tudingan adanya aktivitas pemotongan dan transaksi daging babi di dalam kawasan Pasar Kranggot, Kota Cilegon. Pernyataan itu menyusul adanya temuan kepala babi di dalam tumpukan bak sampah di kawasan pasar tradisional itu pada Rabu (8/7/2015) kemarin.

“Bak sampah itu kan kebetulan saja ada di dalam kawasan pasar. Yang membuang sampah di situ, tidak hanya pedagang saja. Kadang ada juga warga dan pembeli yang akan berbelanja sekalian membuang sampah di situ,” ujarnya kepada radarbanten.com di ruang kerjanya Kamis (9/7/2015) sore.

Keberadaan bak sampah di lokasi itu, kata dia, merupakan permintaan pihaknya kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cilegon untuk kepentingan pedagang pasar. Namun pada kenyataannya, lanjut ia, bak sampah itu juga kerap dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Lebih jauh dia menduga temuan kepala babi itu merupakan tindakan yang telah direncanakan dari oknum tertentu untuk membuat resah masyarakat. “Yang jelas saya pastikan, tidak ada transaksi maupun aktivitas pemotongan babi di dalam pasar ini, ” kilahnya. (Devi Krisna)