Agar Mudik Tetap Aman dan Nyaman, Nih Saran dari Menkes Nila

SERANG – Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek hari ini meninjau pos kesehatan di rest area KM 68 Tol Tangerang-Merak, Bogeg, Kota Serang. Dalam kesempatan tersebut, Menkes Nila pun memberikan saran agar mudik bisa tetap aman dan nyaman.

Agar tidak terjadi kecelakaan selama mudik, menurut Nila, para pengemudi harus dalam kondisi prima. Karena itu, diimbau para pengemudi sebelum berangkat untuk tes kesehatan.

“Tanggung jawab saat bawa mobil itu, tolong jaga kesehatannya dengan benar. Kalau lagi sakit berhenti dulu, cek di sini (pos kesehatan),” ujar Menkes Nila kepada awak media,  Selasa (20/6).

Selanjutnya, setiap empat jam sekali diharapkan pengemudi untuk istirahat terlebih dahulu. Optimalkan pos kesehatan maupun pos pelayanan mudik yang telah disiapkan pemerintah di sepanjang jalur mudik.

“Jangan minum obat yang bikin ngantuk. Kita tidak bisa sebutkan mereknya, nanti (perusahaan) marah, tapi kan ada obat yang bikin ngantuk,” katanya.

Saran lain dari Menkes Nila yaitu untuk memperhatikan pola makan. Menurutnya para pemudik untuk hati-hati memilih makanan. Hindari makan berlebihan yang bisa mempengaruhi kesehatan.

“Jangan makan sambal terlalu banyak pas sahurnya, nanti kenapa-kenapa perutnya kan repot,” ujar Nila. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)