JAKARTA – Buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (1/9). Dalam aksinya, mereka akan melakukan longmarch dari Hotel Indonesia menuju Istana.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat melakukan pembahasan mengenai demo buruh bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan. Pembahasan itu dilakukan di kantor Menkopolhukam pada Senin (31/8).

Pria yang akrab disapa Ahok itu memiliki keinginanan untuk mengarahkan demo ke dalam Monas. Ide ini timbul dari aksi demo di London. “Konsep di Inggris kan orang ada di taman,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (31/8).

Nantinya di dalam Monas akan disediakan berbagai fasilitas untuk para pendemo. Di antaranya adalah toilet dan ambulance. Selain itu, fasilitas juga disediakan bagi wartawan yang melakukan peliputan.

“Mungkin wartawan juga ada tenda boothnya pakai AC biar kalian bisa nongkrong di situ,” ?ucap mantan Bupati Belitung Timur itu. (gil/jpnn)