Air Mineral Juga Bisa Kedaluwarsa?

MUNGKIN Anda pernah bertanya-tanya, saat melihat tanggal kedaluwarsa pada kemasan air mineral. Apakah air bisa basi? Atau adakah maksud lain di balik pencantuman tanggal tersebut?

Jawabannya adalah air, termasuk air mineral, tidak bisa kedaluwarsa.

Tanggal kedaluwarsa yang tercetak pada botol air mineral dimaksudkan untuk menjaga kualitas plastik yang mewadahinya.

Air adalah senyawa kimia, seperti oksigen dan besi, yang secara alami terdapat di alam. Karena itulah, mereka tidak bisa kedaluwarsa dan bisa bertahan selamanya dalam wadah alaminya.

Plastik yang umum digunakan untuk mengemas air mineral terbuat dari polyethylene terephthalate (PET) dan high-density polyethylene (HDPE). Bahan-bahan ini sedikit berpori, sehingga dalam durasi yang lama, air yang tersimpan dalam kemasan bisa terkontaminasi.

Komponen penyusun plastik juga bisa rusak seiring waktu dan mencemari air di dalamnya. Inilah mengapa saat meminum air mineral yang sudah disimpan terlalu lama, sering kali bau atau rasanya agak berubah. Misalnya, terasa sensasi plastik atau benda asing dalam air tersebut.

Secara sederhana, air mineral tetap bisa diminum walaupun telah melewati masa kedaluwarsa yang tertera. Dengan catatan, air mineral tersebut selalu disimpan di ruangan tertutup yang terbebas dari sinar matahari dan bahan-bahan berbahaya, terutama yang berbau menyengat seperti pestisida atau bensin. Walaupun aman, hal ini tetap tidak direkomendasikan.

Jika Anda menyimpan air mineral sebagai persediaan di rumah, simpanlah di tempat dan dengan cara yang benar. Dan bila sudah diminum, gantilah persediaan air mineral secara berkala. (RS/RVS/klikdokter)

BAGIKAN