TANGERANG – Pengguna mobil di Indonesia kembali disuguhkan pilihan pelumas berkualitas. Kali ini datang dari Aisin sebagai merek pelumas baru di Indonesia yang meramaikan pasar perawatan kendaraan, khususnya merek Jepang.
Assistant Sales Manager Aftermarket Group Aisin Asia Pte Ltd Indonesia Benny W Liem mengatakan, banyaknya pengguna mobil Jepang, dan kesamaan asal negara yang menjadi alasan Aisin membidik Indonesia.
”Aisin sendiri sudah ada sejak lima tahun untuk Asia Tenggara. Kalau untuk Indonesia sendiri baru mulai tahun 2017 ini,” ujar Benny W Liem, Assistant Sales Manager Aftermarket Group Aisin Asia Pte Ltd Indonesia dalam siaran persnya.
Ditambahkan, menurut pandangannya, sekitar 80 persen mobil-mobil yang beredar di Tanah Air merupakan mobil Jepang. Sedangkan di luar itu, Aisin dengan pelumas sintetis juga merupakan produsen suku cadang, termasuk untuk transmisi otomatis.
Aisin Seiki sendiri didirikan pada tahun 1949 dan sudah bekerja sama dengan sedi- kitnya 40 produsen mobil di seluruh dunia, seperti Toyota, Mitsubishi, Volkswagen, dan General Motor.
Faktor ini pula yang membuat mereka merasakan kecocokan dengan pasar di Indonesia sebagai pengguna merek-merek di atas. Dari segi pasar, Indonesia cukup besar untuk pemasaran oli, terutama untuk populasi kendaraan. Indonesia juga meru- pakan salah satu yang terbesar di Asia Teng- gara.
”Ekonomi di Indonesia perlahan-lahan terus naik. Nah, pada saat ekonomi naik, main power masyarakat Indonesia ikut tumbuh. Ini salah satu faktor kami hadir di pasar tanah air,” ujarnya. (Ade Maulana/RBG)