SERANG – Aksi pencurian kendaraan roda empat gagal akibat mesin mobil mati mendadak. Kasus ini terungkap setelah petugas PJR Induk Serang Timur mengamankan satu unit Avanza dengan plat nomor A 1879 AQ tak jauh dari gerbang Cikupa, Tol Tangerang – Merak.

Petugas yang curiga langsung melakukan pelacakan dan menemukan data bahwa pemilik mobil tersebut adalah Widodo (48), warga Komplek Lebak Indah Blok D 47, Kelurahan Terondol, Kota Serang.

“Setelah dilacak diketahui kendaraan itu milik Widodo yang dicuri pada Rabu lalu sekitar pukul 02.00 WIB dari halaman rumahnya,” kata Kepala Induk PJR Serang Timur, Kompol Aditya Galayudha ditemui saat menyerahkan barang bukti kendaraan tersebut kepada petugas Reskrim Polres Serang, Selasa (8/9/2015).

Dikatakan Aditya, penemuan ini berawal ketika mobil curian ini mengalami mati mesin saat pengemudi hendak membayar di tol gate 8 gerbang Cikupa. Petugas Pultol PT Marga Mandalasakti melihat seorang pria keluar dari kendaraan dan memberitahu kepada petugas pultol akan memberitahu rekannya. Setelah ditunggu selama 30 menit, ternyata pengemudi tak kunjung kembali.

“Karena pengemudi tak kunjung datang, petugas pultol kemudian melaporkan kejadian itu melalui pesawat radio,” kata Aditya.

Mendapat laporan ada mobil mogok, lanjut Aditya, Bripka Novsel Sopian dan Brigadir Anjar Supriyanto yang kebetulan sedang patroli langsung mendatangi lokasi. “Petugas kami langsung melakukan cek fisik kendaraan. Diketahui, mesin tidak hidup dan tidak ada kunci kontak namun lubang kunci kontak dalam kondisi rusak,” lanjut Ka Induk.

Dicurigai mobil tersebut merupakan hasil kejahatan, petugas PJR langsung mengamankan kendaraan itu ke Markas PJR Induk Serang Timur, sementara petugas lainnya bergerak melakukan pencarian pelaku dengan menyisi lokasi pelaku kabur. Namun setelah dilakukan penyisiran pelaku tidak ditemukan.

“Setelah koordinasi, ternyata korban sudah melaporkan ke Mapolres Serang. Untuk proses selanjutnya, kendaraan tidak bisa saya serahkan kepada korban. Sesuai aturan hukum kendaraan kita serahkan kepada penyidik,” terang Aditya didampingi Aiptu Ronald Pardede, penyidik reskrim Polres Serang.

Sementara itu, Cahyaningsih (35), isteri Widodo menceritaan kendaraannya dicuri saat parkir di depan rumah. Korban sempat mengetahui dan berusaha mengejar saat pelaku membawa kabur mobilnya. “Ngejarnya pake kaki sambil teriak, mobil nggak bisa kekejar,” kata Cahyaningsih ditemui saat Kepala Induk PJR menyerahkan kendaraannya miliknya. (Wahyudin)