CILEGON – Sebanyak 609 personil kepolisian akan dilibatkan dalam pengamanan HUT TNI ke 70 dipelabuhan PT Indah Kiat, Merak, 5 Oktober mendatang. Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo mengatakan, ratusan personil gabungan yang berasal dari Polres Cilegon dan Polda Banten itu akan efektif melakukan pengamanan terhitung mulai Sabtu (3/10/2015) mendatang.

“Personil akan kita siagakan mulai tahapan gladi bersih persiapan HUT TNI hari Sabtu nanti, dan mereka akan kita sebar dijalur, kantong parkir, maupun tempat lokasi pelaksanaan HUT,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/10/2015) sore.

Kantong-kantong parkir kendaraan tamu dan undangan, kata dia, turut menjadi perhatian pihaknya. Sebab, TNI mempersiapkan banyak kantong parkir untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di sekitar area lokasi puncak peringatan HUT TNI itu. “Kantong parkir itu dari A sampai dengan M. Mulai dari simpang rel Statomer hingga ke Pulorida. Itu akan kita lakukan penjagaan semua,” sambungnya.

Lebih jauh, lanjut Kapolres, pihaknya juga akan melakukan sistem pengaturan lalu lintas dengan mengubah arah arus kendaraan (contra flow) terutama di fly over Pelabuhan Merak, guna mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas kendaraan pada jam-jam tertentu saat hari H.

“Contra flow kita lakukan terutama di fly over Merak. Yang seharusnya di jalur itu biasa digunakan dari arah Merak menuju Cilegon, akan kita ubah pada jam-jam tertentu tergantung situasi melihat pergerakan kedatangan pasukan dan tamu undangan, sampai dengan jam 09.00 WIB. Karena pada jam 09.00 WIB, upacara itu sudah dilaksanakan. Jadi setelah itu tidak perlu lagi ada contra flow,” tandasnya. (Devi Krisna)