SERANG – Polda Banten siap mengamankan pilkada serentaak yang akan dihelat pada tahun ini. Pengamanan tersebut, menurut Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar terkait dengan tempat pemungutan suara di kabupaten/kota yang melangsungkan pilkada.

Pengamanan akan dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain sebelum, pada saat, dan setelah pilkada. Mulai dari kerja intelejen hingga pengerahan aparat kepolisian dilakukan mengawal jalanya pilkada tahun ini.

“Yang terpenting rencana pengamanan kesiapan dari polres. Kita akan terjunkan personil, tapi rencana pengamanannya disusun oleh masing-masing polres. Sudah kita sampaikan kepada para kapolres, dan tahap ini kita akan koordinasi ke KPU apakah ada penambahan DPT, apa ada penambahan tempat pemungutan suar,” terang Kapolda Banten kepada wartawan, Jumat (12/3/2015).

Pengamanan pilkada, menurut Boy, sudah dimulai sejak awal bahkan sejak proses seleksi calon kepala daerah dilakukan. “Jadi
agenda dari pilkada yang akan kita lihat mulai dari pendaftaran. Penjaringan parpol. Kegiatan masyarakat kita monitor mana yang memerlukan keterlibtan aparat. Tidak selalu kita tindaklanjuti dengen pengerahan aparat yang banyak. Dengan melibatkan intelejen itu bagian dari pengamanan. Mereka mengamati apa yang terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, pilkada serentak tahun ini di Banten akan diikuti oleh empat kabupaten/kota antara lain Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Pandeglang. (Wahyudin)