Andika Beberkan Rencana Kerja kepada Ulama Banten

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy hari ini mengikuti silaturahmi dengan para ulama di Provinsi Banten di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, Kamis (18/5).

Kepada para ulama Andika menuturkan, dirinya bersama Wahidin Halim membutuhkan dukungan baik doa dan sinergitas yang kuat dari stakeholder khususnya dari MUI Banten dan para ulama agar program yang dibuatnya bisa berjalan dengan baik.

“Kami betul-betul sedang fokus di beberapa bidang skala prioritas utama. Bagaimana ke depan ada perbaikan pelayanan dasar yang lebih baik, bagaimana warga Banten secara nyata sulit mendapatkan pelayanan pendidikan yang belum memadai, masih banyak kekurangan tenaga pendidik,” papar Andika.

Menurut Andika, kepemimpinannya bersama WH akan meningkatkan pendidikan dengan memberikan kemudahan aksesibilitas dan biaya gratis.

Kemudian, terkait pelayanan kesehatan yang baik, bersama WH dirinya berupaya mewujudkan kemudahan pelayanan kesehatan bagi warga Banten terutama warga yang tidak mampu dan tidak tercover oleh BPJS dan Jamkesmaskin.

“Kami sedang melakukan inventarisir warga yang sudah memiliki BPJS dan Jamkesmaskin. Kami usung program ini, karena ini fakta nyata saat kami melakukan turun ke masyarakat, terutama wilayah selatan Banten,” katanya.

Menurut Andika, harus ada terobosan untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi warga Banten. WH, dikatakan Andika, telah mengetahui sistem dan teknis kerja sama pemerintah dengan rumah sakit saat menjabat menjadi Walikota Tangerang.

Warga miskin yang belum tercover BPJS dan Jamkesmaskin kurang lebih sebanyak 675 ribu jiwa. Data tersebutlah menurut Andika yang sedang diinventarisir.

Rencana program lain yang dipaparkan Andika yaitu program pembangunan jalan produksi pertanian, terutama di desa-desa yang masih terisolir serta wilayah yang memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang bagus.

“Tentunya saya tidak hanya konsen terhadap pembangunan pelayanan dasar masyarakat. Kami fokus terhadap penguatan syiar di Banten, saya tentunya meminta dan memohon masukan dan pandangan untuk dapat bersama-sama merancang program syiar di Banten,” ujarnya.

“Saya dan Pak WH selain memilah program tersebut, kami sedang merancang RPJMD Banten. Saya membuka ruang yang seluas-luasnya dalam kaitan pemberian ide dan gagasan dari masyarakat Banten khususnya dari kiyai dan ulama,” tambah Andika. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)