Antisipasi Kebakaran saat Mudik Lebaran, Pastikan Rumah dalam Kondisi Aman

Kepala Kantor Damkar Kota Cilegon, Habibullah.
Kepala Kantor Damkar Kota Cilegon, Habibullah.

CILEGON – Tingkat kelalaian masyarakat terhadap bahaya kebakaran, terutama pada musim kemarau di Ramadan ini dan menyambut hari raya Idul Fitri, perlu diwaspadai agar mencegah potensi kebakaran di tiap lingkungan yang bisa timbul kapan saja.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cilegon, Habibullah mengingatkan agar warga Cilegon dapat memahami karakteristik potensi bahaya kebakaran terutama pada bahan-bahan yang mudah menimbulkan kebakaran. “Yang patut mendapat perhatian serius seperti halnya kompor gas, elpiji, bensin, listrik, lilin, kembang api, serta ilalang,” ujar Habib, Kamis (16/6).

Lebih lanjut Habib mengatakan, guna menghindari terjadinya ancaman bahaya kebakaran, sebelum meninggalkan rumah baik untuk tarawih dan mudik Lebaran, warga terlebih dahulu memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman. “Jangan sampai saat meninggalkan rumah, kantor atau tempat kerja, kompor di dapur sedang hidup. Sebelum mudik juga, pastikan arus listrik tidak ada yang korslet. Apalagi perjalanan jauh dan memakan waktu yang tidak sebentar, semua harus dikontrol,” katanya.

Habib mengungkapkan, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan oleh warga dengan berperilaku aman terhadap standar keselamatan kebakaran dengan cara maksimal yang tertib dan disipilin. “Ya salah satunya jangan membuang puntung rokok sembarangan, jauhkan obat nyamuk dan lilin dari barang yang mudah terbakar. Hindari bermain petasan,” tuturnya. (Riko)

BAGIKAN