Antisipasi Konflik, KPU Kota Serang Gandeng Polres dan Satpol PP

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menggandeng Polres Serang Kota dan Satpol PP Kota Serang untuk mengantisipasi adanya gesekan publik menjelang Pilkada 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan melalui pra tahapan dan pra persiapan program KPU Kota Serang pada Rapat Kesiapan Pengamanan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang, Kamis (14/9) kemarin, di Kantor Pemerintah Kota Serang.

“KPU sampaikan tahapan yang perlu perhatian lebih dari pihak pengamanan agar berjalan lancar,” ucap Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin saat ditemui di ruang kerjanya, Ciceri, Kota Serang, Jumat (15/9).

Kata dia, saat penyerahan dukungan calon perseorangan sangat rawan terjadi gesekan, terlebih setelah tahapan penghitungan dukungan dan sebarannya. Ia memaparkan saat Pilgub lalu, tim kampanye pernah terjadi miskomunikasi terkait jumlah dukungan dengan pihak penyelenggara KPU Kota Serang.

“Tim melaporkan, menyerahkan sekian ribu dukungan, tapi kurang. Biasanya ada sedikit ngotot, ini kan perlu pengamanan, kami khawatir akan lebih jauh lagi,” paparnya.

Selain itu, dikatakan, potensi kerawanan bisa terjadi pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan. Terutama para petugas saat melakukan verifikasi faktual door to door untuk membuktikan dukungan calon.

“Tahapan kampanye juga potensi kerawanan lebih besar. Pada masa pemasangan alat peraga kampanye. Kaya spanduk, sehari dipasang sudah hilang. Masing-masing pihak saling menuduh antara tim A atau tim B,” ujarnya.

Kemudian, potensi kerawanan dapat terjadi saat kampanye rapat terbuka yang melibatkan banyak orang. Tak hanya itu, pendistribusian logistik menjelang pemilihan, pekerjaan sortir pelipatan, set formulir dan distribusi kotak suara pun rentan terjadi kericuhan.

Terlebih, dijelaskannya lagi, saat pemungutan perhitungan surat suara, biasanya ada pihak yang ingin mengganggu kelancaran TPS. “Dari kepolisan dan Satpol PP sudah menyiapkan desain rancangan,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)