MERAK – Guna mengantisispasi lonjakan pemudik yang diprediksi nanti malam dan besok, PT Angukutan Sungai Darat dan Penyebrangan (ASDP) Ferry Indonesia Cabang Utama Merak akan menambah kapasitas muatan kapal.

“Kalau mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik berlangsung pada H-3 dan H-2. Tetapi kalau memperhatikan data faktual pada H-7 sampai H-4 sudah ada peningkatan pemudik yang signifikan,” kata Yanus Lentanga, General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Utama Merak, Selasa (14/72015).

Dikatakan Yanus, selain menambah kapasitas muatan kapal, pihaknya juga akan mempercepat proses bongkar muat. “Kita menjaga agar tidak terjadi antrean sampai keluar pelabuhan, maka kita membuat plainnya yaitu dengan menambah bobot muatan yang lebih besar,” katanya.

Pada tahun ini pemudik diprediksi meningkat sekitar 3 persen. “Tahun kemarin penumpang kapal mencapai 1 juta, artinya tahun ini akan ada penambahan sekitar 300 ribu penumpang, sampa saat ini baru terealisasi sekitar 500 ribu. Untuk roda dua sekitar 72 ribu, realisisasi sampai saat ini baru 26 ribu. Untuk roda empat pada tahun lalu sekitar 80 ribu, tahun ini diprediksi menacapa 150 ribu, realisasi sampai saat ini 80 ribu lebih,” ungkapnya. (Rahmatullah)