SERANG – Kendati aplikasi rusak, puluhan warga Kota Serang setiap hari tetap mengajukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Hudori KA kepada radarbanten.com, Senin (7/9/2015).

“Setiap hari memang, hampir 50 sampai 100 warga yang mengajukan pembuatan KTP Elektorik ke pada kita (Disdukcapil),” kata Hudori.

Kendati demikian, Hudori mengatakan, untuk mengantisipasi kerusakan KTP Elektronik, pihaknya membuatkan Surat Keterangan bahwa pemohon sedang mengikuti perekaman dan percetakan. “Langkah-langkah kita mengikuti edaran Kementerian dalam negeri,” katanya sambil menunggu perbaikan Aplikasi yang dilakukan oleh Kementrian Dalam Negeri.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Serang Yana (18) mengatakan, tidak keberatan dengan hanya menerima Surat Keterangan dari Disdukcapil sebagai keterangan resmi. “Awalnya sempat kaget, kan saya baru tahun ini membuat KTP, untuk keperluan kerja, karena aplikasinya sedang rusak kata petugas, jadi tidak masalah, yang penting ada keterangan saja, biar enak sayanya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Disdukcapil Kota Serang tidak memberikan pelayanan penerbitan KTP Elektronik sejak 24 Agustus lalu. Ini dikarenakan aplikasi komputer yang biasa digunakan untuk kepentingan tersebut sedang mengalami kerusakan. (Fauzan Dardiri)