WEMBLEY – Arsenal akhirnya sukses memenangkan trofi Community Shield setelah berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 di stadion Wembley, Minggu (2/08). Arsenal langsung mengambil inisiatif untuk menyerang begitu pertandingan babak pertama dimulai. Mereka lansung menyerbu barisan pertahanan Chelsea.

Nyaris semua pemain Arsenal bergerak maju untuk mengepung lini pertahanan The Blues. Di sisi lain, Chelsea nampak cukup santai menghadapi serangan bergelombang pasukan Arsene Wenger tersebut. Mereka nampak jelas mencoba untuk menerapkan skema serangan balik.

Bola pun akhirnya lebih banyak bergulir di lini tengah selama 20 menit laga berjalan walau penyerangan jelas didominasi kubu Arsenal. Chelsea memang sempat melancarkan beberapa kali serangan balik, namun tak ada yang benar-benar membahayakan gawang Petr Cech.

Namun, serangan Arsenal akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-24. Alex Oxlade-Chamberlain mampu membuka skor bagi timnya. Setelah menerima umpan Theo Walcott, winger 21 tahun itu menusuk masuk kotak penalti dan melesakkan tendangan kaki kiri ke tiang jauh yang tak bisa dibendung Thibaut Courtois.

Ketinggalan 1-0 membuat skuat Chelsea gerah. Mereka pun mulai berinisiatif untuk bermain lebih menyerang. Peluang pun akhrinya didapatkan The Blues melalui Ramires pada menit ke-32 dan 35. Sayang, keduanya tak tepat sasaran.

Di sisi lain, The Gunners mencoba untuk menerapkan skema serangan balik. Mereka pun sukses membuat pertahanan Chelsea kalang kabut. Bahkan di menit ke-41, mereka nyaris mencetak gol jika saja crossing Chamberlain ke tiang jauh tak berhasil diantisipasi oleh Branislav Ivanovic.

Babak pertama pun akhirnya berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Arsenal. Secara umum, laga di babak pertama ini seperti kurang greget. Di babak kedua, giliran Chelsea yang tampil ofensif. Namun, serangan-serangan mereka kurang bisa membahayakan gawang Cech. Pada akhirnya, Jose Mourinho pun menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk menaikkan tempo pertandingan.

Di menit ke-68, Chelsea mendapat peluang mencetak gol via tendangan bebas, tepat di luar kotak penalti Arsenal. Oscar menjadi eksekutornya. Sepakan pemain asal Brasil itu mengarah ke sisi kanan gawang The Gunners, namun Cech dengan cemerlang bisa menepis ancaman tersebut.

The Gunners sempat balik mengancam pada menit ke-76. Mendapat sodoran umpan dari Ozil, pemain timnas Inggris itu langsung melepas sepakan keras ke arah gawang Chelsea. Namun, bola masih megarah tepat ke pelukan Courtois.

Chelsea sendiri semakin penasaran untuk menjebol gawang Cech. Mereka terus menyerang pertahanan sang lawan, namun Mertesacker cs masih terlalu solid untuk ditembus. Di menit ke-86, Arsenal mendapat dua peluang emas untuk menggandakan keunggulannya. Yang pertama melalui Cazorla, namun Courtois masih bisa menetralkan ancaman tersebut. Bola rebound langsung disambut oleh Ramsey, namun bola hasil sepakannya meleset tipis di sisi kanan gawang Chelsea.

Skuat The Blues nampak kian frustasi karena gagal membobol gawang Cech. Di sisi lain, skuat Arsenal nampak cukup kalem dan justru bisa kembali mengancam gawang Chelsea. Di menit ke-93, Gibbs tinggal berhadapan dengan Courtois. Namun, lagi-lagi peluang itu berhasil digagalkan kiper Belgia tersebut.

Hingga waktu perpanjangan sebanyak empat menit dimainkan, Chelsea gagal membalas gol Chamberlain. Arsenal pun menjadi juara Community Shield edisi tahun 2015 ini. Kemenangan tersebut juga menandai kemenangan perdana Arsene Wenger atas rivalnya, Jose Mourinho. (jpnn/rb/rbc)