Atlet atletik pelajar putri Banten yang tergabung di PPLP Banten berlatih rutin di Stadion Heroik Grup 1 Kopassus, Taman, Taktakan, Kota Serang, Kamis (18/3).

SERANG – Delapan atlet atletik pelajar Banten yang tergabung dalam Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten secara intens menjalani pemusatan pelatihan jelang menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jawa Tengah, September 2017. Fokus latihan yang dijalani atlet saat ini adalah pematangan teknik dan skill.

Kedelapan atlet yang dipersiapkan, yaitu Ajat Sudrajat (lompat jauh), Romli (lompat jauh), Rodial Bil Huda (lompat tinggi), M Aditya (lompat tinggi), Maisaroh (lompat jauh), Siti Junneinah (lompat tinggi), Nur Septian Rahayu (lompat tinggi), dan Vina (lompat jauh).

Pelatih Atletik PPLP Banten, Wahyudi Setiawan mengatakan, saat ini pola latihan telah memasuki tahap khusus yang lebih mengutamakan pematangan teknik dan skill. “Pada tahap persiapan khusus, atlet lebih banyak berlatih penguasaan teknik. Kalau fisik sudah dibentuk di tahap persiapan umum selama dua bulan lalu. Bahkan beberapa waktu lalu kami menjalani program pembentukan fisik di salah satu pantai di kawasan Anyar, Kabupaten Serang,” kata Yudi di sela memimpin latihan di Stadion Heroik Grup I Kopassus, Taman, Taktakan, Kota Serang, Kamis (18/5).

Yudi menambahkan, pada ajang yang paling bergengsi bagi atlet pelajar ini, pihaknya tidak ingin sesumbar dalam urusan target. Ia menilai kualitas yang dimiliki atlet binaan PPLP Banten masih harus terus ditingkatkan. “Peluang tetap ada. Terutama tiga atlet yang di ajang sama tahun lalu meraih medali, yakni Maisaroh (lompat jauh putri/medali emas), Ajat Sudrajat (lompat jauh putra/medali perak), Nur Septian Rahayu (lompat tinggi putri/medali perunggu). Tapi tidak menutup kemungkinan lima atlet lainnya akan membuat kejutan,” imbuhnya.

Lima atlet lainnya yang dimaksud, yakni Siti Junenah (lompat jauh), Rodial Bil Huda (lompat jauh), Romli (lompat jauh), M Aditya (lompat tinggi), dan Vina (lompat jauh) merupakan lapis kedua yang disiapkan dalam program pembinaan jangka panjang. “Sebagian tim lapis kedua belum ada pengalaman tampil di event nasional. Mereka memang kami siapkan untuk tiga tahun ke depan. Tapi pembinaan harus dimulai dari sekarang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Banten, Deden Apriandhi berharap, kualitas atlet atletik PPLP Banten terus meningkat dan puncaknya meraih medali di ajang Popnas 2017. “Seluruh persiapan yang dilakukan atlet PPLP muaranya cuma satu, yaitu prestasi di Popnas XIV Jawa Tengah 2017. Kami mendukung apa pun bentuk program latihan yang dijalani atlet. Yang terpenting mampu merengkuh prestasi di Popnas nanti,” ucapnya. (Andre AP/RBG)