DUNIA kembali dihebohkan dengan putusan terbaru dari Supreme Court Amerika Serikat yang menyatakan legalisasi hak pernikahan sesama jenis. Kontan, keputusan tersebut mengundang berbagai pro dan kontra.

Tak hanya di AS, namun juga dari seluruh penjuru dunia melalui ranah media sosial. Banyak yang merespon positif terkait diresmikannya keputusan pernikahan sesama jenis tersebut. Berbagai macam hashtag (tanda pagar) pun menghiasi trending topic Twitter beberapa waktu lalu, seperti #LoveWins dan #Equality.

Sebagai salah satu cara mengapresiasi dan dukungan terhadap putusan pernikahan sesama jenis yang baru saja disahkan, para netizen pun berbondong-bondong mengganti profil picture-nya (avatar) dengan warna pelangi sebagai warna latar yang menghiasi foto.

Kalangan non LGBT (Lesbian, Gay dan Transgender) pun ikut-ikutan memasang avatar yang penuh dengan corak warna pelangi tersebut sebagai langkah untuk mendukung disahkannya putusan tersebut.

Bagi yang belum tahu makna sebenarnya dari avatar pelangi tersebut, warna pelangi merupakan warna dari LGBT Movement atau merupakan simbol kesetaraan hak preferensi gender. Dengan kata lain, warna tersebut merupakan warna yang menggambarkan dukungan sepenuhnya untuk hubungan sesama jenis. Demikian dilansir laman Indian Express, Senin (29/6/2015).

Bahkan, Facebook pun ikut mendukung putusan tersebut dengan menghadirkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan efek filter rainbow ke profile picture mereka.

“Negara kita didirikan atas dasar janji bahwa semua orang berdiri di tanah yang sama dan penuh dengan kesetaraan. Dan hari ini, kami akan mengambil langkah dimana kami mendukung janji tersebut. Saya begitu senang bahwa teman dari komunitas kami akhirnya bisa merayakan hal ini dan direalisasikan sebagai pasangan di bawah hukum yang berlaku.” ungkap Mark Zuckerberg, CEO Facebook.

Tak hanya Zucke, Presiden Barack Obama juga menyambut positif keputusan disahkannya pernikahan sesama jenis di Amerika. (rbc/le)
BAGIKAN
Just another simply photojournalist