SERANG – Dewan Pimpinan Wilayan (DPW) Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Provinsi Banten mencanangkan Gerakan Gebyar Infak Sedekah pada Rabu (14/6) di Sekretariat DPW PGMI. Pencanangan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen DPP PGMI, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, para Kepala Seksi Kemenag Kabupaten/Kota dan Para Kepala Madrasah Negeri se-Banten.

Gerakan Gebyar Infak Sedekah ini di-launching bersamaan dengan acara tasyakuran sekretariat DPW PGMI Provinsi Banten sekaligus buka bersama.

“Gerakan ini dicanangkan dengan maksud untuk membantu pembangunan fisik madrasah-madrasah yang kondisinya sangat memprihatinkan,” kata Ketua Umum DPW PGMI Masyhudi melalui siaran pers.

Kepala Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Banten A Bazary Syam mengapresiasi program Gerakan Gebyar Infak Sedekah yang digagas PGMI tersebut. “Saya mengapresiasi program yang dicanangkan PGMI ini. Sebab kekuatan infaq shadaqah apabila dikelola dengan baik merupakan sumber dana yang potensial untuk ikut memperbaiki madrasah-madrasah yang ada di Banten,” ujarnya.

Jumlah madrasah di Provinsi Banten sebanyak 3.364 unit, terdiri dari berbagai tingkatan, baik madrasah yang dikelola pemerintah maupun masyarakat. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.245 madrasah dalam keadaan rusak, dengan kategori rusak berat sebanyak 725 madrasah dan 520 unit madrasah dalam kategori rusak ringan.

Kondisi yang tidak menggembirakan tersebut disadari bersama bahwa tidak mungkin diselesaikan hanya dengan mengandalkan pada anggaran Kemenag yang diketahui sangat terbatas. Terlebih masih adanya anggapan sebagian pejabat Pemerintah Provinsi Banten bahwa tanggung jawab madrasah hanya ada pada Kemenag sehingga mereka menutup mata akan realitas sebagian madrasah yang memprihatinkan tersebut.

Pengurus DPW PGMI Provinsi Banten terpanggil untuk membantu mencarikan solusi masalah dengan program Gerakan Gebyar Infak Sedekah yang kemudian akan diberikan ke madrasah-madrasah yang sangat membutuhkan bantuan fisik. Gebyar ini diagendakan akan dilaksanakan setiap tiga bulan.

Sebagai langkah nyata, PGMI yang berkantor di Kadin Provinsi Banten Lantai 2 Jl. KH. TB. Ahmad Khatib No. 48 Benggala, Kota Serang, ini menyerahkan dana infaq shadaqah yang sudah terkumpul kepada Raudhatul Athfal Nurul Hikmah dan Madrasah Tsanawiyah Ar-Rahman yang pada beberapa waktu lalu terkena musibah banjir sehingga keadaannya rusak parah.

Diharapkan madrasah-madrasah di Banten yang rusak lebih dari 1000 unit akan terbantu dengan adanya kegiatan Gerakan Gebyar Infaq Shadaqah yang dicanangkan oleh DPW PGMI Provinsi Banten ini. (Aas Arbi)