SERANG – Sebelum melakukan peluncuran produk UMKM, Bank Banten membangun kerjasama dengan PT Sadulur Tri Ardhana Telekomunikasi (Startel). Melalui kerjasama tersebut, Bank Banten menyiapkan pelayanan berbasis teknologi berupa online payment untuk para UMKM yang akan menjadi mitra Bank Banten nanti.

Dirut Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menjelaskan, Bank Banten memiliki produk baru yaitu Kredit Usha Bangun Banten. Program ini merupakan program pinjaman bagi para pelaku UMKM di Provinsi Banten.

“Melalui kerjasama dengan Startel, kedepannya produk UMKM Bank Banten yang bernama Kredit Usaha Bangun Banten akan memiliki keunggulan berupa kemudahan pembayaran angsuran melalui aplikasi uang elektronik untuk online payment atau pembayaran secara online dengan menggunakan ponsel pintar,” papar Fahmi setelah penandatangan MoU antara Bank Banten dengan PT Startel, Jamkrida, dab Jasindo di hotel Ledia, Kota Serang, Jumat (15/9).

Dengan seperti ini, menurut Fahmi, pelaku UMKM yang menjadi kreditur akan lebih mudah dalam membayar angsuran setiap bulannya, karena bisa melakukan pembayaran angsuran dimanapun dengan menggunakan smart phone.

Kredit Usaha Bangun Banten sendiri merupakan kepada pengusaha UMKM untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan target marektnya.

Dikatakan Fahmi, ada tiga skim kredit yang ditawarkan oleh Kredit Usaha Bangun Banten, yang pertama adalah Kredit Ritel yang ditawarkan kepada pengusaha UMKM dengan plafond Rp 5 juta hingga Rp 500 juta melalui peroduk Bangun Tunas, Bangun Mandiri, dan Bangun Sejahtera.

Selanjutnya, Kredit Linkage yang ditunjukan kepada lembaga pembiayaan bank dan non bank yang ada di Provinsi Banten. Terakhir yaitu Kredit Program yang ditujukan untuk asosiasi dan perkumpulan yang ada di Provinsi Banten yang tergabung dalam naungan UMKM Provinsi Banten.
Dalam kesempatan yang sama, Dirut PT Startel Agus Miftah mengungkapkan, perusahaanya mengembangkan suatu program digital payment. “Dengan adanya perkembangan teknologi, memanfaatkan digital payment, kita akan memanfaatkan tool ini untuk memudahkan Bank Banten. Sehingga dimanapun berada tidak ada alasan untuk menunggak,” ujarnya.

Menurutnya, sistem ini akan membantu UMKM untuk membayar cicilannya sehingga bisa memberikan manfaat besar. “Mudah-mudahan kehadiran kami di Bank Banten bisa memberikan pelayanan terbaik,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)