Kabupaten/Kota Diminta Fokus Pembenahan Infrastruktur

SERANG – Bantuan keuangan untuk kabupaten/kota dari Provinsi Banten diminta lebih diprioritaskan untuk pembenahan infrastruktur. Pemerintah provinsi mengharapkan bantuan tersebut bukan untuk belanja tidak langsung yang kurang terasa manfaatnya bagi masyarakat.

“Kalau saya menginginkan mulai sekarang sudah ada kejelasan. Bantuan kuangan sekian itu hendaknya lebih banyak ke investasi belanja publik di kabupaten/kota. Misalnya untuk infrastruktur dan lain-lain. Jadi jangan dipakai untuk yang lain dulu,” terang Sekda Banten Kurdi Matin, kepada wartawan, Senin (9/3/2015).

Adapun ajuan peruntukkan dari kabupaten/kota, kata Kurdi baru terlihat pada musrenbang. “Kita rapat dengan sekda kabupaten/kota juga mula membicarakan masalah itu. Ada sih juknisnya (petunjuk teknis) dari kita. Tapi kan tidak selamanya kita bisa pantau karena masuk di APBD. Kan bantuan kita masuk di APBD kabupaten/kota. Tidak dalam bentuk kegiatan yang spesifik,” ujarnya.

Kurdi mengaharapkan ada pola penggunaan bantuan agar bisa lebih dirasakan oleh masyarakat. “Kita harus membuat polanya agar bisa dirasakan,” terangnya.

Mengenai total bantuan yang akan digelontorkan provinsi kepada kabupaten/kota, Kurdi mengaku belum dirumuskan sepenuhnya. “Besarannya belum. Kan baru forum SKPD belum ke forum musrenbang. Jadi belum semua usulan masuk. Oleh TAPD (tim anggaran pemerintah daerah) dikaji proyeksinya belum bisa fix angkanya,” ujarnya. (Wahyudin)

BAGIKAN