JAKARTA – Lapangan latihan Paskibraka di Pusat Pelatihan PON Cibubur, Jakarta Timur tak hanya dipenuhi perlengkapan upacara. Ada juga beberapa cermin yang tersebar di beberapa sudut tempat latihan.

Cermin itu terlihat mencolok, karena ukurannya umayan besar. Menurut Koordinator Pelatih Paskibraka, Mayor Aminudin, cermin berukuran lebar 1 meter dan tinggi 2 meter itu memang sengaja ditempatkan di beberapa sudut. Maksudnya agar Paskibraka bisa memastikan sikap sempurna.

“Sikap tegap dan penampilan adalah hal yang menjadi penilaian. Mereka harus terlihat sempurna sikapnya, begitu juga penampilan. Karena itu perlu ada cermin agar mereka bisa melihat dirinya sendiri,” katanya, saat ditemui usai memimpin latihan, Minggu (9/8).

Dengan adanya cermin, para anggota Paskibraka dan peserta upacara yang mengikuti latihan gabungan bisa langsung melihat letak kesalahan sikap mereka. “Mereka kalau dingatkan orang lain mungkin kurang sreg. Ya biar dilihat sendiri di cermin, jadi tahu salahnya, kurangnya,” tegas dia.

Karena itu, para Paskibraka dan peserta upacara lainnya setiap akan menjalani latihan secara bergantian melihat penampilan mereka di depan cermin. Bahkan di satu sisi lain, mereka yang becermin harus antre karena memang cerminnya tak sebanyak mereka yang mengikuti latihan gabungan.(dkk/jpnn)

BAGIKAN