SERANG – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Kota Serang menggelar uji emisi pada kendaraan roda empat dalam rangka mengevaluasi udara perkotaan.

“Kegiatan ini dinamakan program langit biru dalam rangka mengevaluasi udara perkotaan,” tutur Akhmad Wikarya, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan BLHD Provinsi Banten, saat ditemui radarbanten.com di sesela-sela uji emisi di pintu masuk Perumahan Taman Puri, Lingkar Selatan, Ciracas, Kota Serang, Selasa (25/3/2014).

Ia menuturkan, kegiatan ini akan dilakukan di tiga titik di wilayah Kota Serang dengan menargetkan 1.500 kendaraan. “Kita akan melakukan ini di tiga titik yakni di sini, besok di Jalan Ahmad Yani tepatnya depan Masjid Agung, dan lusa di pintu masuk Kota Serang Baru, Kemang,” tuturnya.

Ia menuturkan, dari hasil uji emisi sementara ditemukan puluhan kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Karenanya pihaknya memberikan rekomendasi kepada pemilik kendaraan untuk dilakukan servis rutin paska uji emisi tersebut.

Selanjutnya BLHD akan melakukan uji emisi di wilayah kabupatan/kota di Provinsi Banten. (FAUZAN)