BARCELONA – Bintang Barcelona Lionel Messi sepertinya belum akan berhenti mencetak rekor di dunia sepakbola. Tiga gol Messi ke gawang Osasuna, di Camp Nou, Senin (17/3/2014) dini hari WIB, membuatnya memecahkan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di Barcelona.

Rekor ini sebelumnya dipegang Paulino Alcantara yang bertahan selama 80 tahun. Paulino telah mengemas 369 gol bersama Barca dalam kurun waktu 1912-1927. Rinciannya 142 gol laga resmi dan 227 gol persahabatan.

Sementara bagi Messi, lewat tambahan tiga gol tersebut membuatnya mengemas 371 gol. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 344 gol di laga resmi dan 27 gol di laga persahabatan.

“Dengan tiga gol-nya melawan Osasuna di Camp Nou, Leo Messi telah mencetak gol 371 untuk Barca dan itu memecahkan rekor 369 gol Paulino,” ujar pihak Barca dalam situs resminya.

Tiga gol ini sendiri menambah panjang daftar hat-trick yang dicetak Messi di Barca menjadi 21 kali. Selain itu pemain berjuluk Si Kutu ini telah empat kali mencetak ‘poker’ alias empat gol dalam satu laga. Rekor terbesarnya adalah pernah sekali mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Paulino sendiri merupakan striker Barca, kelahiran Philipina 7 Oktober 1896. Sejumlah kalangan menyebut Paulino adalah pemain Asia pertama yang tercatat merumput sebagai pesepakbola profesional di klub Eropa.

Dengan darah campuran Philipina-Spanyol yang mengalir dalam dirinya Paulino pernah menjadi pemain tim nasional untuk Spanyol dan Philipina. (JPNN)