CILEGON – Cilegon menjadi kota ketujuh dalam penyelenggaraan Festival Permata Nusantara yang mengusung tajuk ‘Cilegon Colorfull Gems Exhibition 2015’ yang akan dilaksanakan 30 April – 3 Mei mendatang di halaman Rumah Dinas Walikota Cilegon. Sebelumnya, acara roadshow yang memamerkan batu-batu akik nusantara itu, juga telah dilakukan di Jakarta, Solo, Palembang, Padang, Lampung dan Makassar.

Adi Wisudawan, ketua pelaksana kegiatan, mengungkapkan, dalam kegiatan yang bekerjasama dengan komunitas Gems Lovers Online Cilegon (GLOC) dan didukung oleh Radar Banten itu, pihaknya memiliki visi-misi ingin mengangkat potensi batu-batu akik nasional. “Kita ingin batuan akik nusantara ini dapat bersaing dengan batuan dari luar,” ujarnya kepada radarbanten.com usai konferensi pers terkait rencana kegiatan itu di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Minggu (26/4/2015).

“Kami juga menggandeng laboratorium yang sudah tidak diragukan kredibilitasnya. Jadi dengan begitu, selain menambah wawasan, pecinta batu akik dapat lebih bangga lagi dengan koleksinya,” sambungnya.

Acara itu, lanjut dia, rencananya akan turut diramaikan pula oleh pecinta batu akik dari Aceh, Padang, Lampung, Jakarta, Serang, Bandung, Cilacap, Salatiga hingga Makasar.

“Selain bazar dan kontes batu mulia, kita juga akan menggelar talkshow dan lelang amal batu mulia dalam kegiatan itu,” katanya.

Muhammad Zulfikar, Ketua GLOC, menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan itu, diharapkan mengangkat nama dan popularitas batu akik lokal, khususnya Cilegon. “Di Cilegon, juga memiliki potensi bebatuan akik. Tapi karena edukasi dan promosi yang masih kurang, maka berdampak pada popularitas batu pun menjadi kurang terangkat,” katanya. (Devi Krisna)

BAGIKAN