SERANG – Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Kota Serang, menetapkan bayar Zakat Fitrah sebesar Rp25 ribu. Ini diperoleh dari penghitungan harga beras Rp10 ribu per kilogram, setelah dilakukan survey ke pasar dan bulog.

“Diputuskan Zakat Fitrah 10 ribu per kilo gram. Nominal itu atas pemikiran dari Baznas, Pemkot dan MUI. Sehingga dengan 2,5 Kg, maka Zakat Fitrah Tahun 2015 sebesar Rp25.000. Dan ini sudah disetujui oleh Walikota Serang sejak sebelum puasa bergulir,” kata Habibi Asyafa Ketua Baznas Kota Serang, kepada wartawan, Rabu (8/7/2015).

Dikatakan Habibi, pada tahun 2014 lalu Zakat Fitrah mencapai Rp300 juta, namun tahun ini diperkirakan berkurang mencapai Rp190 juta. Ini dikarenakan sumber zakat fitrah yang diperoleh Baznas, berasal dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), pengusaha dan anak sekolah.

“Saat ini sedang memasuki masa liburan anak sekolah, sehingga sulit mengumpulkan zakat fitrah. Karena biasanya, penerimaan zakat fitrah bersumber dari pelajar di Kota Serang,” katanya.

Habibi menjelaskan, dari hasil zakat fitrah tahun lalu, setiap kecamatan disalurkan bantuan sebesar Rp10 Juta. Namun tahun ini Baznas belum ditentukan. Karena prediksi penerimaannya berkurang.

“Kitu sudah menyiapkan 25.000 lembar kupon untuk SKPD dan sekolah-sekolah. Tahun lalu, dari masing-masing sekolah menyumbang 10 persen dari total pendapatan Zakat Fitrah,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN
Just another simply photojournalist