SAO PAULO – Piala Dunia selama ini dikenal sebagai cara ampuh mengeruk pundi-pundi uang. Tak heran, harga-harga langsung melonjak selama pesta sepakbola empat tahunan itu berlangsung.
Namun, hal itu tampaknya tak akan berlaku di Brazil. Sebab, pemerintah Brazil sudah meminta penurunan harga sewa kamar hotel dan pesawat. Saat ini, biaya sewa hotel di Brazil memang sudah melonjak.
Laman Guardian menulis, sewa untuk hotel bintang dua di Brazil sudah mencapai 245 Poundsterling atau sekitar Rp 4,5 juta per malam (Poundsterling=Rp 18.606). Harga tiket pesawat antarkota juga sudah meningkat.
Pemerintah Brazil pun langsung mengambil kebijakan tegas. Menteri Olahraga Brazil, Aldo Rebelo meminta pemilik hotel dan maskapai penerbangan untuk menurunkan harga.
“Harga tiket pesawat dan akomodasi akan turun. Penerbangan serta sewa kamar hotel yang sangat mahal akan berkurang sebelum Piala Dunia,” terang Rebelo di laman Guardian.
Rebelo juga tak terlalu khawatir dengan jumlah turis yang akan datang ke Brazil. Menurut Rebelo, Brazil hanya akan kedatangan sekitar 600 ribu turis selama Piala Dunia. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibandingkan turis yang menyaksikan karnaval Brazil yang menyentuh angka 3 juta.
“Jadi, saya tak melihat adanya tantangan hebat. Selama Piala Dunia tidak akan ada kegiatan besar lain,” tegas Rebelo. (jpnn)