Bupati Iti Segerakan Pembangunan Rumah Janda Asiah

Iti Octavia Jayabaya
Bupati Iti Octavia Jayabaya berbincang dengan Asiah (dua kiri) di Kampung Kalahang, Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Jumat (17/6). (Foto: Mastur)

RANGKASBITUNG – Rumah Asiah (65) yang roboh diterjang angin kencang dan hujan lebat pada Rabu (15/6) akan segera dibangun. Bupati Iti Octavia Jayabaya menegaskannya secara langsung kepada janda kurang mampu tersebut.

Kemarin (17/6), Iti bersama Sekda Dede Jaelani, Asda IV Setda Lebak Tajudin Yamin, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaprawi, dan Camat Warunggunung Sehabudin datang ke Kampung Kalahang, Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, untuk melihat kondisi Asiah dan rumahnya yang telah rata dengan tanah. Terjangan angin kencang itu membuat Asiah mengungsi ke rumah kerabatnya.

Pantauan Radar Banten, puing-puing rumah sudah dirapikan oleh Asiah dan warga Kampung Kalahang. Bupati sempat berdiskusi dengan Asiah sebelum kembali ke Pendopo Bupati Lebak.

Iti mengungkapkan keprihatinan dengan nasib yang menimpa Asiah. Rumah tidak layak huni yang ditempati janda tersebut telah roboh.

Iti datang langsung menemui Asiah setelah menerima laporan. Orang nomor satu di Kabupaten Lebak itu tidak hanya akan menyegerakan pembangunan rumah Asiah menggunakan dana bantuan dari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Lebak, tetapi juga menyalurkan bantuan berupa bahan pokok makanan kepada Asiah.

“Saya prihatin. Rumah yang ditempatinya ambruk diterjang angin. Untungnya, saat kejadian, Ibu Asiah di luar rumah,” ujar Iti. “Dua atau tiga hari ke depan, saya pastikan, bantuan untuk pembangunan rumah direalisasikan. Nanti, masyarakat dan pihak desa akan gotong royong membangun rumah Asiah,” jelasnya.

Asiah menjelaskan, ketika rumahnya roboh diterjang angin, dirinya berada di sumur. Angin kencang juga merobohkan beberapa pohon di Kampung Kalahang. “Saya bersyukur, Bupati peduli, mau membangunkan rumah saya lagi,” tuturnya.

Sekda Dede Jaelani yang juga Ketua Korpri Kabupaten Lebak menyatakan, bantuan untuk Asiah sebesar Rp15 juta. Dia berharap, dana itu cukup untuk membangun rumah layak huni. Namun, jika masih kurang, Dede akan menambahnya. “Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian aparatur sipil negara (ASN-red) di Lebak kepada Ibu Asiah. Rumahnya harus segera dibangun,” tegas Dede. (Mastur/Radar Banten)