LEBAK – Bupati Lebak Iti Oktavia Mulyadi Jayabaya meminta kepada Plt Gubernur Banten Rano Karno untuk memperjuangkan penambahan kuota jamaah haji untuk wilayah Kabupaten Lebak.

“Kuota haji di Kabupaten Lebak mohon untuk menambah, karena daftar tunggu sampai Desember 2014 mencapai 7.984 orang. Sementara kuota haji yang disediakan pada tahun 2015 hanya 401 jamaah haji,” ungkap Iti saat memberikan sambutan pembukaan MTQ XII tingkat Provinsi Banten di Stadion Pasir Ona, Kabupaten Lebak, Selasa (17/3/2015) malam.

Dikatakan Iti, jumlah masyarakat Kabupaten Lebak sebanyak 1,2 juta jiwa lebih. “Tentunya dengan segala kerendahan hati, mohon kiranya Plt Gubernur untuk mengevaluasi kebijakan kuota haji. Setuju…?” ungkapnya seraya mengajak tamu undangan dan disambut tepuk tangan.

Iti menjelaskan, dengan kuota yang ada di Kabupaten Lebak saat ini maka antrean keberangkatan haji di Kabupaten Lebak sangat panjang.

Sementara Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan dirinya menyanggupi permintaan penambahan kuota haji untuk Kabupaten Lebak namun sesudah menjadi Gubernur Banten definitif.

“kalau meminta pasti di tengah masyarakat pasti saya sulit menolak,” ungkap Rano Karno.

Kendati demikian, Rano Karno yang saat ini masih menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri tidak mau memberikan janji di hadapan ribuan masyarakat Kabupaten Lebak dan tamu undangan acara tersebut. “saya enggan berjanji, tapi Insya Allah akan saya perjuangakan kalau sudah menjadi gubernur definitif,” katanya.

Rano menjelaskan, bahwa pihaknya akan berupaya melakukan pengajuan penambahan kuota haji untuk Provinsi Banten. “Ya kan bisa saja kita ajukan delapan ribu kuota haji ke kementrian Agama, dan dibagi rata per kabupaten/kota, jadi masing-masing 1000 jamaah haji,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN