LEBAK – Bupati Lebak Iti Ocatvia Jayabaya menyambut mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di Kabupaten Lebak. Tahun ini KKN tematik diikuti 49 mahasiswa dari berbagai Fakuktas yakni, Fakultas Pertanian, Ekonomi Manajemen dan Ekologi Manusia.

Puluhan mahasiswa tersebut akan melakukan KKN di tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Sajira, Cipanas dan Kecamatan Muncang. Dari tiga kecamatan tersebut akan dibagi menjadi 7 desa yang telah ditunjuk untuk kegiatan KKN tematik.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, KKN ini dapat membantu meningkatkan perekonomian dan pengetahuan masyarakat khususnya di sektor pertanian. Karena wilayah Kabupaten Lebak memiliki potensi yang cukup besar dibidang pertanian.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya dalam bidang pertanian, yaitu untuk meningkatkan tarap perekonomian masyarakat kabupaten lebak, salah satunya mendukung terpilihnya lebak menjadi wilayah ketahanan pangan,” ucap Bupati perempuan pertama di Lebak dalam acara penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik IPB di Aula Multatuli Sekretariat Daerah, Senin (17/7).

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB Rudi Adnan menjelaskan, pelaksanaannya dimulai pada tanggal 17 Juli sampa dengan 26 Agustus 2017. Dengan masing-masing tujuh mahasiswa disetiap desanya.

“Kami mohon do’a serta dukungan Pemkab Lebak agar kegiatan ini berjalan lancar dan tercapai tujuan bersama, sedikitnya bisa membantu menyelesaikan persoalan yang ada di desa – desa,” ucap Rudi.

Selain itu, Lanjut Rudi, dengan adanya KKN ini mahasiswa dapat menumbuh kembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi persoalan yang terjadi. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)