SERANG – Bupati Serang Tatu Chasanah menyetujui adanya rencana kenaikan tunjangan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Serang. Rencana kenaikan tunjangan ini seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota Dewan yang kemudian tindaklanjuti membuat prakarsa DPRD berupa Raperda tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Serang.
“Sebenernya adanya rencana ini setuju untuk ditinjaklanjuti. Apalagi kawan-kawan di dewan sudaj lama memperjuangkannya,” ujarnya usai mengisi rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Senin (17/7).
Namun ketika ditanya besaran kenaikan tunjangan, Bupati mengaku belum mengetahui besarnya kenaikan tunjangan tersebut. Ia beserta anggota dewan  akan melihat kemampuan keuangan di Kabupaten Serang.
Alokasi anggaran untuk rencana ini, aku Bupati akan memengaruhi program pembangunan, namun jelasnya, akan disiasati dengan upaya menggenjot kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Anggota dewan tentunya paham dengan kondisi keuangan daerah,” ucapnya.
“Hak keuangan administrasi pimpinan pemerintah kabupaten kota khususnya terkait dengan tunjangan-tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi tidak boleh melebihi dari tunjangan-tunjangan perumahan dan transportasi pimpinan dan anggota DPRD Provinsi. Hal ini menggambarkan bahwa pemerintah Kabupaten Serang dalam rangka menyusun anggaran terkait dan tunjangan tersebut harus melihat kepada pemerintah Provinsi Banten,” paparnya.
Ia berharap Raperda yang telah ditetapkan ini dapat memberi manfaat bagi peraturan daerah dan ia meminta kepada OPD agar segera  mengambil langkah konkrit. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).