CILEGON – Penempelan bahan kampanye salah satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon nampak terpampang di lingkungan sarana pendidikan. Bahan kampanye jenis brosur yang dibuat secara khusus oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon untuk setiap pasangan calon itu nampak menempel di pagar sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Bangsa yang berdomisili di lingkungan Kalentemu, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, di saat bersamaan sekolah itu tengah mengadakan kegiatan CSR dari salah satu perusahaan pembangkit energi listrik, Sabtu (10/10/2015).

Camat Citangkil, Joko Purwanto yang berada di lokasi pada saat itu mengatakan, penempelan brosur milik pasangan calon incumbent Tb Iman Ariyadi dan Edi Ariadi itu bukanlah sebuah pelanggaran. “Itu tidak masalah (Penempelan brosur di TK Tunas Bangsa), karena ditempel di sekolah swasta. Kalau (sekolah) negeri, baru itu tidak boleh,” ujarnya dengan percaya diri.

Terpisah, Ketua Panwaskada Kota Cilegon Achmad Achrom menegaskan, adanya pemasangan bahan kampanye di lingkungan sarana pendidikan itu merupakan salah satu pelanggaran kampanye. “Penempelan di pagar-pagar TK itu masuk dalam pelanggaran administrasi. Tidak peduli, apapun bentuknya, apakah itu sekolah negeri ataupun swasta, jelas itu bukan tempat yang diperbolehkan untuk dipasang bahan kampanye,” ujarnya kepada radarbanten.com melalui sambungan telepon.

Ia memaparkan, selain di lingkungan sarana pendidikan, atribut kampanye, baik itu jenisnya adalah alat peraga mau pun bahan kampanye lainnya juga dilarang untuk dipasang di lingkungan tempat ibadah dan juga gedung perkantoran pemerintah. “Karena ini adalah pelanggaran, tentu akan kita tertibkan. Dan teknis tindak lanjutnya, akan kita proses dan kita laporkan juga kepada KPU. Karena untuk pelanggaran administrasi itu adalah ranahnya KPU yang akan menindak,” tandasnya.

Diketahui, setiap masing-masing pasangan calon mendapatkan atribut kampanye, jenis bahan kampanye berupa poster sebanyak 15 ribu lembar, pamflet 24.417 lembar, brosur 24.417, dan flyer 122.087 lembar. (Devi Krisna)