Kylie Verzosa. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

JAKARTA – Miss International 2016 Kylie Verzosa berada di Jakarta selama sepekan ke depan. Perempuan 25 tahun asal Filipina itu bakal mempelajari budaya Indonesia, meet and greet, berkunjung ke panti asuhan, dan melakukan sederet kegiatan lain.

Saat wawancara di The Westin, Jakarta, Senin lalu (2/10), alumnus Jurusan Manajemen Ateneo de Manila University itu berbagi cerita mengenai beauty without borders, keindahan budaya, hingga kesehatan mental.

Menurutnya, cantik itu tidak terbatas pada tampilan fisik saja. Lebih dari itu, cantik secara mental dan emosional, yakni mampu menerima keragaman dan menghargai perbedaan. “Melalui pendidikan, mempelajari budaya, serta traveling akan memperluas cara pandang kita sebagai masyarakat dunia,” katanya.

Ia ingin mengeksplorasi Indonesia. Salah satunya, ia ingin pakai batik, kebaya, dan bermain gamelan. “Saya dengar hari ini (Senin-red) Hari Batik Nasional? Saya sangat excited belajar kebudayaan Indonesia. Oh ya, saya juga mau coba makanannya, gado-gado,” ujarnya.

Ia membuka rahasia fitnya. Ia rajin gym. “Begitu ada waktu luang, saya ngegym, cardio, lari, boxing, bersepeda, yoga, atau pilates. Jaga makanan, perbanyak sayur dan buah. Lingkungan yang sehat juga amat berperan. Sehat secara mental dan emosional sering diabaikan, padahal sangat penting,” pungkasnya. (JPG/RBG)