Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo berjabat tangan dengan Ketua KONI Cilegon Budi Mulyadi saat menghadiri RAT KONI Cilegon 2017 di Hotel Putri Duyung, Anyar, Kabupaten Serang, Sabtu (15/4).

ANYAR – KONI Kota Cilegon mulai menyusun rencana strategis untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang. Tidak tanggung-tanggung, KONI Kota Cilegon mengusung target menembus klasemen tiga besar pada Porprov V Banten 2018. Hal itu terungkap pada saat KONI Kota Cilegon menggelar rapat anggota tahunan (RAT) KONI Kota Cilegon 2017 di Hotel Putri Duyung, Anyar, Kabupaten Serang, Sabtu (15/4).

Diketahui, pada gelaran multi event empat tahunan terbesar di Banten 2014 lalu yang dihelat di Kota Serang, kontingen Kota Cilegon hanya mampu finis di peringkat enam klasemen akhir dengan meraup 181 keping medali, yakni 50 emas, 53 perak, dan 78 perunggu.

Ketua KONI Cilegon Budi Mulyadi mengatakan, Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang nanti akan dijadikan sebagai tonggak kemajuan dan prestasi olahraga Cilegon. “Kami punya slogan untuk Porprov V, yaitu Satukan Tekad Raih Prestasi Menuju Cilegon Emas Porprov V Banten 2018. Slogan atau motto itu saya rasa bisa membantu memotivasi kontingen. Tapi tentunya harus dibarengi dengan pembinaan sedini mungkin. Nah, melalui RAT ini kami akan rancang strategi jitu menuju Porprov V Banten 2018,” kata Budi kepada awak media usai pembukaan RAT di Hotel Putri Duyung, Anyar, Kabupaten Serang, Sabtu (15/4) pagi.

Budi menambahkan, pihaknya optimistis Cilegon mampu bersaing dan menembus posisi tiga besar di Porprov V nanti. “Potensi kita punya, anggaran kita ada. Kenapa kita tidak bisa, pasti bisa. Ditambah lagi dengan satu kunci, yaitu kebersamaan dan kekompakan. Tidak ada yang mustahil,” ucapnya penuh semangat.

Selain mengusung target tiga besar di Porprov, Cilegon juga berkomitmen meningkatkan kontribusi atlet dan prestasi untuk Banten. “PON lalu atlet kami (Cilegon-red) bisa menyumbang dua emas bagi kontingen Banten, yakni melalui panahan dan layar. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi atlet Cilegon yang mempersembahkan prestasi untuk kontingen Banten,” pungkas Budi.

Kepala Dispora Cilegon, Teten Hertiaman yang mewakili Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi membuka RAT KONI Cilegon menyatakan, Pemkot selalu mendukung kebijakan KONI Cilegon dalam hal pembinaan prestasi atlet. “Komitmen pemkot sudah jelas, seperti penyediaan sarana dan prasarana. Sekarang kan lagi dibangun sport center di Seruni. Nanti semua cabang olahraga (cabor) bisa latihan di sana. Selain untuk berlatih, sekretariat seluruh pengurus cabang (pengcab) olahraga se-Cilegon juga akan berada di sekeliling sport center. Untuk itu kami berharap jadikan  RAT ini sebagai momentum peningkatan prestasi olahraga Cilegon,” ucapnya.

Selain sarana, Pemkot juga memiliki kebijakan tentang anggaran pembinaan. “Kita perjuangkan anggarannya agar di Porprov V bisa finis di peringkat tiga besar. Jangan khawatir tentang anggaran. Pak Wali (Iman-red) juga berkomitmen memajukan olahraga di Cilegon,” tuturnya.

Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KONI Cilegon yang telah membantu mewujudkan Banten Cemerlang di PON XIX Jawa Barat 2016. “Ternyata Banten bisa dan kalau tidak dicurangi, mungkin Banten sudah finis di peringkat 10 besar. Ini bukti kekompakan kita, baik dengan pemerintah (provinsi dan kota kabupaten), pengprov, KONI kabupaten kota, dan pengcab. Kami tunggu kontribusi atlet berprestasi dari Cilegon untuk meningkatkan prestasi Banten di PON yang akan datang,” ujarnya.

Koni Banten, lanjutnya, memiliki mimpi menembus posisi 10 besar pada PON yang akan datang. “Yang bisa mewujudkan mimpi tersebut (10 besar PON) adalah seluruh insan olahraga Banten baik dari pengcab, KONI kota kabupaten, dan pengprov. KONI kota kabupaten dan pengcab saya rasa memiliki peran paling besar dalam mewujudkan mimpi tersebut. Yang melakukan pembinaan kan mereka (KONI kabupaten kota dan pengcab), kalau provinsi kan tinggal ngambil yang sudah matang (berprestasi) saja,” tutup Mantan Kapolda Banten ini. (Andre Adisas Putra)

BAGIKAN