ALIH-alih menempatkan sekelompok bahan yang tidak sehat seperti bubuk coklat, gula dan krim dalam susu Anda, bagaimana jika Anda mecampur susu dengan kunyit. Ya, rajin mengonsumsi kunyit diyakini bisa menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah beberapa penyakit.

Selain itu, di banyak negara kunyit juga sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatan.

Yang harus Anda lakukan cukup mudah. Cukup didihkan susu dengan setengah sendok teh bubuk kunyit atau sepotong 1 inci kunyit segar selama 10 hingga15 menit, dan voilaa, Anda langsung bisa mendapatkan beberapa manfaatnya, seperti dilansir laman India Times, beberapa waktu lalu :

1. Menyembuhkan pilek dan batuk
Kunyit sarat dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu infeksi, pilek dan gejala batuk.

2. Mendetoksifikasi dan memurnikan tubuh Anda
Rempah-rempah yang kuat ini telah digunakan sebagai pembersih darah dalam obat-obatan Ayurvedic selama berabad-abad. Kunyit meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sistem limfatik, yang merupakan mekanisme drainase alami tubuh. Kunyit juga membantu hati Anda mendetoksifikasi seluruh tubuh Anda.

3. Menenangkan arthritis dan nyeri sendi
Sifat anti-inflamasi kunyit memiliki manfaat lain juga, di antaranya adalah kemampuan untuk menenangkan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan yang terkait dengan arthritis. Minuman ini memperkuat tulang dan sendi dan meningkatkan fleksibilitas juga.

4. Meredakan sakit kepala
Kunyit kaya akan antioksidan serta beberapa nutrisi, sehingga bekerja seperti obat penghilang rasa sakit alami terhadap sakit kepala.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sifat antivirus dari rempah-rempah ini meningkatkan kekebalan tubuh alami Anda dan mencegah perkembangan virus sehingga melindungi Anda terhadap infeksi seperti hepatitis. Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan bahkan mengurangi risiko Anda terkena kanker.

6. Membantu Anda tidur
Minum segelas hangat ramuan ini satu jam sebelum tidur bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Susu mengandung serotonin dan melatonin yang merupakan bahan kimia otak yang memainkan peran penting dalam siklus tidur Anda. Kunyit mengurangi stres dan menenangkan tubuh Anda.

7. Mengurangi kram menstruasi
Ladies, minum segelas susu dengan kunyit setiap hari bisa mengurangi kram Anda yang disebabkan oleh menstruasi.

8. Membuat kulit Anda bersinar
Antioksidan dalam kunyit melawan radikal bebas yang menyebabkan tidak hanya penyakit tapi penuaan juga menjaga kulit Anda tetap muda dan sehat.

9. Mempercepat penurunan berat badan
Senyawa dalam kunyit membantu tubuh Anda memecah lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. (jpnn/rbc)