CILEGON – Ratusan pelajar kelas X dan XI SMKN 1 Cilegon mendapat penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkotika dari Satresnarkoba Polres Cilegon, Sabtu (7/3/2015). Polres Cilegon khawatir karena pada tahun lalu, dari sekitar 80 orang yang terlibat kasus narkotika, 10 persen di antaranya dari kalangan pelajar.

Kasat Narkoba Polres Cilegon AKP Wahyu Diana saat sambutan mengungkapkan, pelajar tahu bahaya narkotika supaya tidak terpengaruh dan terjerumus di lingkungan pergaulannya. “Pelajar itu kan rasa ingin tahunya tinggi pada masa-masa pencarian identitas. Nah, kami tidak ingin mereka terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika akibat berbagai hal, seperti akibat pergaulan dan rasa keingintahuan itu,” ujarnya.

Pelajar dibekali informasi seputar jenis-jenis narkotika dan dampaknya terhadap kesehatan maupun dampak sosial yang akan dialami pengguna barang haram tersebut. “Kita bawa sampel narkotikanya agar mereka mengenal dan dapat menghindarinya,” jelasnya.

Selain di sekolah itu, jelas Wahyu, pihaknya rutin melakukan penyuluhan di kalangan pelajar hingga mahasiswa. “Kami ingin terus menekan angka peredaran narkotika ini di kalangan pelajar. Catatan kami pada tahun lalu saja, dari sekitar 80 orang yang terlibat kasus narkotika, 10 persen di antaranya dari kalangan pelajar. Ini sudah cukup meresahkan,” tandasnya. (Devi Krisna)

BAGIKAN