Belajar naik sepeda akan dimasukkan ke dalam kurikulum untuk Kelas 5 dan Kelas 6 Sekolah Dasar Curtin Primary School di Canberra. Hal ini bertujuan untuk mendorong anak-anak lebih aktif bergerak.

Curtin Primary School merupakan satu dari lebih 50 SD di Canberra yang ambil bagian dalam program Ride or Walk to School, yang bertujuan membuat anak-anak aktif bergerak minimal satu jam sehari.

Dalam program tiga tahun yang dijalankan pemerintah negara bagian ibukota Canberra (ACT) ini, murid-murid akan belajar keamanan jalan serta keterampilan naik sepeda.

Menurut Hugh Peoples, koordinator program ini di SD Curtin Primary School, murid-muridnya akan diajari bagaimana caranya naik sepeda sehingga bisa lebih percaya diri bersepeda ke sekolah.

“Bersepeda akan menjadi bagian penting Mata Pelajaran Olahraga untuk murid Kelas 5 dan 6,” jelasnya.

“Setiap orang bisa belajar naik sepeda dengan cepat, namun agak menantang juga bagaimana mengendalikan sepeda dengan aman termasuk memperhatikan situasi di sekeliling kita,” kata Hugh Peoples.

Curtin Primary School dan SD lainnya yang ikut program ini mendapatkan masing-masing 15 sepeda baru dan helm.

Sebagai bagian dari aktivitas ini, pihak sekolah juga akan membentuk klub sepeda dengan mengajak para orangtua murid.

“Selain itu, murid lainnya juga akan diminta membantu merawat dan memperbaiki sepeda yang rusak,” jelas Hugh Peoples.

Seorang murid Kelas 6 Elenor Parkinson mengaku bersepeda ke sekolah membuatnya lebih santai memulai pelajaran.

“Bersepeda bisa membuat kita merasa tenang dan segar,” ucap Elenor.

Menurut Hugh Peoples, kini sudah sekitar 40 persen murid SD Curtin Primary School yang bersepeda ke sekolah setiap harinya.