CIPONDOH – Panggung utama Festival Tangerang Bersih yang berupa perahu besar berukuran 15 meter dan berada di Situ Cipondoh menyedot perhatian pengunjung.

Perahu yang dihias berwarna-warni tersebut dipasangi foto Wali Kota, Arief R Wismansyah, dan Wakil Wali Kota, Sachrudin.

Secara bergantian, warga naik ke atas perahu melalui karpet merah di atas bambu sebagai jalan menuju perahu dari tepian Situ Cipondoh.

“Seperti foto di atas perahu sungguhan dan jadi nahkoda,” ujar Taufik, seorang warga Pinang.

Sementara itu Tri yang merupakan warga Jombang, Tangerang Selatan, mengaku dirinya sengaja datang untuk berfoto di atas perahu agar terlihat seperti di film “Pirates of The Caribbean”.

“Keren banget perahunya,” kata dia.

Selain perahu, Festival Tangerang Bersih juga menyediakan pelatihan membuat kompos kepada warga yang datang.

Hal ini dilakukan agar warga bisa mengetahui bila sampah yang dihasilkan dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna dan mendorong program penghijauan.

“Kita dorong warga membuat kompos. Setelah itu mereka akan menanam pohon di setiap rumahnya. Ini sejalan dengan program kampung bersih,” kata Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Suggiharto Ahmad Bagdja, saat ditemui di lokasi.

Dalam FTB pun terdapat stan perusahaan atau instansi yang fokus pada pengolahan sampah dan penataan lingkungan.

Begitu pula dengan program Kota Tangerang mengenai ajakan warga untuk membuat komunitas dalam mengolah sampah. (sumber: antaranews.com)