SERANG – Kegiatan masa orientasi siswa (MOS) baru SMP Muhammadiyah Pontang dan SMK Muhammadiyah Pontang tahun ini berbeda. MOS dirancang dengan suasana gembira dan penuh kekeluargaan, tidak ada tindakan kekerasan dan perpoloncoan senior atau panitia yang selama ini menjadi image buruk MOS. Kegiatan diisi dengan bakti sosial.

Peserta diberikan materi tentang penguatan keislaman, akhlak, dan motivasi agar mereka siap mengahadapi tahun ajaran baru dengan suasana dan sekolah baru mereka. Peserta tidak lagi diberatkan dengan peralatan dan perlengkapan yang aneh-aneh yang kadang memberatkan siswa dan kadang hanya berujung jadi sampah.
Peserta pada hari pertama hanya membawa mie instan 2 bungkus, hari kedua membawa teh dan gula dan seterusnya. Sekolah dan panitia dipertemuan pra kegiatan menyampaikan bahwa semua bahan sembako yang dibawa oleh para peserta akan disalurkan kepada mereka yang tidak mampu (fakir miskin), khususnya di kampung-kampung sekitar sekolah.

Kepala SMK Muhammadiyah Pontang Ubaidillah mengatakan, kegiatan sosial ini untuk menghapus image buruk MOS yang selama ini melekat. “Kegiatan ini juga untuk mendekatkan calon siswa kepada masyarakat sekitar, dan ini juga bagian dari pendidikan sosial. Karena kedepan apapun profesi mereka selalu dinanti kontribusinya untuk masyarakat,” ujarnya, Jumat (31/7/2015). (qizink)