Gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon

CILEGON – Gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon yang selesai dibangun tahun 2015 kondisinya tidak terurus. Bangunan yang menelan anggaran sekira empat miliar rupiah itu, catnya sudah kusam dan lahannya ditumbuhi rumput liar.

Pelaksana Harian Staf Intel pada Kejari Cilegon Ibnu mengatakan, gedung tersebut sudah layak untuk ditempati namun belum bisa digunakan karena belum memenuhi persyaratan administrasitif antara Kejari Cilegon dengan pemerintah daerah.

“Sekarang masih dalam proses kelengkapan administrasi, karena ini harus sesuai dengan prosedur,” ujarnya, Sabtu (12/8).

Dia mengaku belum mengetahui sepenuhnya tentang proses yang dilakukan untuk menempati gedung tersebut. Entah itu pemeriksaan administrasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun lainnya, yang jelas masih dalam proses perpindahan.

“Saya belum tahu sepenuhnya terkait proses gedung tersebut, entah itu masalah tanahnya atau yang lainnya. Tapi kita pasti pindah ke sana,” jelasnya.

Menurut Ibnu, untuk spesifikasi gedung tersebut sudah layak untuk digunakan. Hanya tinggal memindahkan peralatan untuk keperluan di kejaksaan. “Ya gedung itu sih udah layak, kita hanya tinggal memindahkan kursi dan peralatan lain saja. Paling kita nunggu surat perpindahan dan membersihkan halaman depannya,” ungkapnya.

Dikatakan Ibnu, pihaknya menargetkan gedung tersebut akan segera digunakan di tahun 2017. “Targetnya kita akan pindah di tahun ini, itu kata pak Kejari langsung,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)